Platinum Cineplex Is An International Cinema Theatre
That Has Now Arrived In Indonesia
2019-09-11 11:18:26
FAKTA FILM MIDSOMMAR! SEMPAT GAGAL TAYANG DI INDONESIA!
Film MIDSOMMAR sempat menuai kontroversi di Indonesia. Awalnya Lembaga Sensor Film (LSF) menyatakan film karya Ari Aster ini tidak lulus sensor. Kabarnya film ini banyak mengandung adegan dewasa yang terpampang jelas. Lalu Feat Pictures mengumumkan kalau film Midsommar dibatalkan dan diundur penayangannya sampai waktu yang belum ditentukan.

Film ini memang disambut baik oleh pecinta film horor di Indonesia. Sebab, sebelumnya produser Ari Aster sempat sukses membawa kengerian di film Hereditary. Berbekal pengalaman tersebut, penonton Indonesia tentu menaruh ekspektasi tinggi di film Midsommar ini.

1. Sempat gagal tayang di Indonesia.

Midsommar sempat gagal tayang di Indonesia. Film ini harusnya sudah naik layar pada 21 Agustus lalu. Namun karena tidak mendapat izin dari LSF, penayangannya sempat ditunda. Meski demikian, beberapa adegan yang telah direvisi membuat film ini bisa dinikmati penonton Indonesia dengan rating 21+.

2. Adegan horor justru banyak terjadi di siang hari.

Kalau umumnya film horor mengandalkan latar waktu malam hari ketika akan menampilkan momen menegangkan. Namun beda dengan film Midsommar. Pada film yang mengangkat tema festival musim panas tersebut malah lebih banyak menyajikan adegan menegangkan dengan latar waktu siang hari.

3. Bukan sekuel Hereditary.

Sebelumnya banyak yang mengira kalau Midsommar adalah sekuel atau terusan cerita dari Hereditary. Namun hal itu dibantah oleh sang sutradara. Ari Aster menyebutkan kalau Midsommar lebih seperti 'teman' Hereditary. Sebab menurutnya, film ini punya kemiripan secara tematis.

4. Tidak semua percakapan diberi subtitle.

Film ini diketahui sangat berhati-hati soal penggunaan subtitle. Akan ada adegan di mana penduduk asli desa berinteraksi dengan para aktor utama, namun tidak diberikan subtitle percakapannya. Hal ini akan menjadi misteri yang harus dipecahkan oleh penonton yang menerka-nerka apa isi percakapan tersebut.

5. Sempat bermasalah di Amerika Serikat.

Ternyata film ini nggak cuma jadi kontroversi di Indonesia. Midsommar juga sempat terkendala rating di Amerika Serikat. Awalnya Midsommar mendapatkan rating NC-17 dari MPAA. Namun sutradara Ari Aster tak ingin filmnya mendapatkan rating itu. Akhirnya beberapa adegan ada yang dipotong dengan total 30 menit. Sehingga menjadikan film ini mendapatkan rating R dari MPAA dan tayang di bioskop dengan durasi 147 menit.